Kamis, 16 Mei 2013

PROFIL SWAMITRA MINA BAHARI PRATAMA



APA ITU SWAMITRA MINA.?


SWAMITRA adalah Nama dari suatu bentuk kerjasama / kemitraan antara BANK BUKOPIN dengan Koperasi untuk mengembangkan serta memodernisasi usaha simpan pinjam melalui pemamfaatan jaringan teknologi (network) dan dukungan sistem manajemen sehingga memiliki kemampuan pelayanan yang lebih luas ,dengan tetap memperhatikan peraturan perundang-undangan yang berlaku

Kerjasama / kemitraan yang dibangun didasarkan pada pertimbangan kepentingan yang sama untuk menciptakan nilai tambah bagi kedua belah pihak ,baik bagi koperasi maupun BANK BUKOPIN.

SWAMITRA sebagai usaha yang dibentuk melalui kerjasama dengan koperasi ,tunduk pada undang-undang No. 25 Tahun 1992 tentang perkoperasian dan peraturan pemerintah No.9 Tahun 1995 tentang Usaha Simpan Pinjam,yang dalam kegiatan pelaksanaan usahanya melakukan penghimpunan dan penyaluran dana melalui kegiatan simpan pinjam

SWAMITRA sebagai suatu usaha simpan pinjam (KSP),adalah usaha KSP yang disatukan (diintegrasikan) menjadi usaha SWAMITRA.
SWAMITRA sebagai unit usaha dari koperasi (serba usaha) ,adalah suatu unit simpan pinjam Otonom dari Koperasi yang disatukan (di integrasikan ) menjadi usaha SWAMITRA.

Memberi dukungan pada penyediaan informasi dan komunikasi bisnis sehingga perencanaan produksi dan pemasaran dapat dilakukan dengan lebih baik ,yang dapat dimanfaatkan Anggota SWAMITRA dalam rangka peningkatan usaha produktifnya.



Penyajian laporan keuangan beserta perubahannya dapat dilakukan secara cepat dan akurat pada setiap saat dibutuhkan sehingga kepentingan untuk pengendalian dan pengawasan dalam pengelolaan SWAMITRA dapat dilakukan lebih baik.

Sistim manajemen dan teknologi SWAMITRA dapat menjadi daya tarik bagi pihak –pihak lain,seperti; Pemerintah,BUMN,dan swasta lainnya dalam rangka penyaluran dana-dana tertentu (termasuk bantuan dana luar negeri) untuk tujuan membantu meningkatkan usaha skala mikro dan kecil ,hal ini disebabkan kemampuannya menyediakan laporan perkembangan penyaluran dana-dana tersebut.

PRODUK SWAMITRA
Adapun beberapa produk yang ditawarkan oleh SWAMITRA terdiri dari Simpanan dan Pinjaman, sebagai berikut :

PRODUK SIMPANAN
*      Simpanan SWAMITRA
Merupakan produk simpanan yang dapat ditarik dan disetor sesuai dengan keinginan melalui kantor SWAMITRA.

*      Simpanan berjangka SWAMITRA
Merupakan produk simpanan yang penarikannya dapat dilakukan secara berkala   ,baik 1 bulan, 3 bulan , 6 bulan maupun 12 bulan dengan tingkat suku bunga yang bersaing.serupa dengan Deposito di Bank lain.


PRODUK PINJAMAN

Pada dasarnya produk pinjaman yang dapat dilayani oleh SWAMITRA terdiri dari:
-          Pinjaman untuk modal kerja
-          Pinjaman untuk investasi
-          Pinjaman untuk konsumsi


JASA PELAYANAN

SWAMITRA dapat memberikan pelayanan jasa penerimaan payment point ,seperti penerimaan pembayaran tagihan listrik , air, multifinance, telpon dan masih banyak lagi.
elain melayani segala jenis pembayaran tagihan, SWAMITRA juga telah memiliki MINI ATM yang dapat dimanfaatkan untuk transaksi perbankan secara online dengan bank lainnya. MINI ATM juga bisa dimanfaatkan untuk setoran tunai, penarikan, transfer dari sesama maupun antar bank dimana saja di seluruh Indonesia.

SISTIM ONLINE SWAMITRA



 Jaringan SWAMITRA yang menggunakan system real time online memungkinkan suatu

 transaksi dilakukan di gerai SWAMITRA dimana saja. Gerai SWAMITRA dikelola oleh tenaga-tanaga profesional yang dilatihsecara khusus oleh BANK BUKOPIN.
 

 
PERANAN BANK BUKOPIN
*      Sebagai Host dari data base SWAMITRA
*      Menyediakan basis bagi system jaringan SWAMITRA.  

Di Dukung oleh :

 







SEKILAS TENTANG
SWAMITRAMINA LOTIM


SWAMITRA Mina Lotim berdiri tanggal 2 februari 2005,merupakan unit dari KSU MINABAHARI PRATAMA kerjasama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) dan   PT. BANK BUKOPIN cabang Mataram. Pada  awal berdirinya sudah menghimpun banyak nasabah  dan debitur mencakup masyarakat umun maupun pesisir dan nelayan.
Sejak berdiri tahun 2005 hingga sekarang ini SWAMITRA mina telah merangkul sebanyak 342 orang debitur dan 870 orang nasabah penabung.

Sampai saat ini aset yang dimiliki sudah mencapai  millyaran rupiah. Dengan jumlah aset tersebut SWAMITRA Mina bahari Pratama menjadi satu-satunya SWAMITRA mina dengan sistem online yang pertama dan tetap berdiri di Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).
      
Kesuksesan SWAMITRA mina bahari pratama ini juga mendapat apresisasi dari pengurus KSU Mina Bahari Pratama sehingga dalam penyaluran dana KSU Mina Bahari Pratama bekerja sama dengan Bank Bukopin Cabang Mataram yang membentuk Unit Simpan Pinjam (USP) SWAMITRA Mina Bahari Pratama.

Keberadaan SWAMITRA Mina Bahari Pratama di Lombok Timur telah banyak membantu nelayan dan masyarakat pesisir serta masyarakat umum setempat dalam hal permodalan.

SWAMITRA Mina ini bukan hanya menjadi lembaga penyedia modal tetapi juga bisa menjadi semacam lembaga konsultan keuangan bagi nasabahnya. Pasalnya pengetahuan/wawasan yang melekat dalam kehidupan masyarakat pesisir dan nelayan ternyata tidak terlepas dari ketidak tahuan mereka dalam memanajemen keuangannya sendiri. Untuk terus membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan Masyarakat, SWAMITRA Mina telah banyak memberikan bimbingan dan pengarahan dengan begitu visi misi antara SWAMITRA Mina dan Koperasi Mina Bahari Pratama menjadi sejalan yaitu sama-sama menciptakan kesejahteraan kehidupan dan ekonomi masyrakat pesisir dan nelayan di wilayah Kabupaten Lombok Timur.

SWAMITRA Mina Bahari Pratama Lombok Timur juga pernah  mendapat penghargaan pada tahun 2007 sebagai SWAMITRA Mina sebagai lima (5) besar SWAMITRA Mina terbaik seluruh Indonesia.

         




Tidak ada komentar:

Posting Komentar